Anda pernah nonton film Ghost Rider? Masih ingatkah dengan tunggangan aktor Nicolas Cage pada sekuel 'Ghost Rider'?. Jika Anda masih penasaran ingin melihat sosok motor gede (moge) tersebut, jangan khawatir karena PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudah siap menghadirkan motor istimewa tersebut. Yup, pada tahun 2013 ini, motor berlabel Yamaha V-Max tersebut akan menghiasi pasar Indonesia, dan konsumen yang gemar dengan moge, sudah pasti akan menunggu realisasi secara fisik.

Sejalan dengan aktifitas Yamaha di beberapa negara di Asia Tenggara yang memasarkan moge, YIMM langsung melakukan langkah yang sama. Pada tahun 2013, total akan ada 4 moge Yamaha yang dipasarkan lewat ATPM resminya ini. Empat moge yang sebenarnya sudah ditunggu-tunggu banyak kalangan tersebut antara lain Yamaha R1, R6, V-Max dan matik gambot T-Max.

Empat Moge Yamaha di 2013


Nah, tipe V-Max tersebut menjadi sesuatu yang sangat menarik, karena untuk kali pertama hadir di Indonesia, dengan bentuk yang menyerupai tunggangan di film 'Ghost Rider'. Menurut Dyonisius Beti, Executive Vice President Director PT YIMM, V-Max memang menjadi satu andalan, terutama melihat karakter konsumen Indonesia yang tetap melihat tampilan fisik sebagai faktor spesial.

Jika mengacu pada produk di tahun 2012 yang dipasarkan di kawasan Amerika Serikat dan belahan kontinen lain, model V-Max mengusung aroma bergenre perkasa. Saat itu, V-Max menggunakan 65 derajat valve, empat-katup-Sper silinder, 1679cc V4 banyak membuka mata, akselerasi dikontrol dari mesin kompak yang terlihat hebat.

Downdraft empat lubang injeksi bahan bakar dengan YCC-I teknologi intake dan YCC-T fly-by-wire throttle memberikan percepatan luar biasa di seluruh powerband yang luas. Pompa mesin DOHC keluar kekuatan yang menakjubkan untuk menemukan kembali legenda V-Max. Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T), sistem fly-by-wire, memberikan akselerasi yang optimal dalam setiap kondisi.

Sementara varian Yamaha R1 terinspirasi dari motor sport Yamaha M1 yang turun dalam ajang MotoGP. Pada edisi tahun lalu, jenis ini memiliki level kecepatan hingga 280,9 kilometer per jam.

Sementara Yamaha R6 sudah menggunakan Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T) yang disempurnakan. Pada produksi tahun lalu, motor ini dibekali kapasitas mesin 599 cc, DOHC, 16-valve, liquid-cooled, Inline 4 silinder ini punya tenaga 123.8PS di 14,500 rpm dengan redline di 16.000 rpm. Beberapa tambahan dan fiturnya yaitu Tuas rem depan yang adjustable (bisa diatur), rantai O-Ring yang ringan, dan seperti biasa andalannya YCCI (Yamaha Chip Controlled Intake).

Melalui rencana ini, diharapkan peminat moge Yamaha bisa mendapatkan jaminan after sales yang lebih baik bila dibandingkan dengan membeli lewat importir umum. Melalui jaringan langsung dengan prinsipal di Jepang, urusan pelayanan dan spare part seharusnya jadi lebih baik.

Meski begitu, pihak PT YIMM mengaku belum secara detail menjelaskan proses penjualan dan layanan aftersales-nya. Apakah hanya menunjuk beberapa dealer di Jakarta atau ada di kota-kota besar lain di Indonesia. "Teknisnya diatur nanti," jelas Eko Prabowo, General Manager Marketing Communication & Community Development PT YIMM. (TribunJakarta)